Senin, 23 Maret 2015

Penyebab Kenapa Badan Gampang Lemas, Capek, Dan Mengantuk



Penyebab Kenapa Badan Gampang Lemas, Capek, Dan Mengantuk

1.      Kurang Minum Air Putih
Tubuh mudah lelahTak bisa dipungkiri, air sangat penting bagi kehidupan. Tubuh memerlukan cairan atau air putih dalam menunjang kegiatan kita sehari hari. Jika kita kurang minum maka akan membuat tubuh menjadi cepat lelah. Sangat disarankan bagi kita untuk minum minimal delapan gelas air putih setiap harinya.

2.      Kurang Berolahraga
Tubuh cepat lelahOlahraga mempunyai banyak manfaat. Dengan berolahraga akan meningkatkan denyut jantung sehingga darah dan oksigen serta nutrisi penting dapat disalurkan keseluruh tubuh dengan efektif. Dengan berolahraga kita juga membuat rangka dan otot bergerak sebab sesungguhnya itulah arti dan fungsi dasar dari tubuh itu sendiri. Olahraga yang rutin akan membuat tubuh terasa lebih sehat dan tak gampang lelah.

3.      Kekurangan Zat Besi
Tubuh badan gampang cepat lelah dan lemasTubuh mudah lelah, pikiran gelisah, dan kepala terasa pusing adalah beberapa akibat yang akan muncul jika kita kekurangan zat besi. Kondisi seperti itu kerap timbul pada wanita ketika menstruasi, ibu hamil dan menyusui. Sangat dianjurkan juga mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi agar tak menimbulkan anemia. Umumnya zat besi terdapat pada daging, makanan laut dan vitaman c seperti pepaya stroberi, tomat, dan jeruk.

4.      Melewatkan Sarapan Pagi
Tubuh badan gampang cepat lelah dan mengantukSebagian dari kita sering mengabaikan sarapan sebab merasa tak terbiasa makan pagi ataupun dikala diet. Sebenarnya sarapan pagi mempunyai banyak manfaat, diantaranya meningkatkan daya tahan dan konsentrasi serta mengurangi kelelahan dan mengantuk.

5.      Terlalu Memaksakan Diri
Kenapa badan cepat lelah dan lemasDalam melakukan pekerjaan kita memang harus profesional. Tetapi bukan berarti kita harus memaksakan diri ketika tak mampu. Semua pasti ada takaran dan batasnya. Ketika kita ngotot untuk memaksakan diri, maka tanpa kita sadari akan membuat tubuh dan badan kita menjadi gampang lelah dan letih.

6.      Junk Food
Mengatasi tubuh badan cepat lelahMakanan junk food atau fast food memang populer di kota-kota besar. Biasanya karena dianggap lebih praktis dan tak usah repot-repot harus masak sendiri. Makanan ini banyak mengandung gula dan lemak jenuh. Akibatnya kita lebih mudah terserang penyakit obesitas. Dengan berat badan yang berlebihan tentunya akan membuat kita lebih sukar dalam beraktifitas dan mudah menjadi lelah.

7.      Kafein Yang Berlebihan
Penyebab tubuh badan mudah gampang cepat lelahKopi sebenarnya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Maksimal konsumsi per hari sebaiknya tak lebih dari 4 cangkir. Jika terlalu banyak dapat menyebabkan sakit kepala, gelisah, gangguan pencernaan, serta insomnia. Insomnia atau susah tidur pastinya akan berefek pada terganggunya stamina kita saat beraktifitas di pagi harinya dan menyebabkan kita mudah lelah.

8.      Bermain Gadget Saat Istirahat
Mengapa tubuh mudah lelah dan mengantukUtak atik handphone atau buka komputer di malam hari memang mengasyikan. Hanya saja perlu diingat bahwa hal ini dapat mengganggu waktu istirahat kita. Terlalu asyik bermain gadget membuat waktu tidur kita berkurang sehingga membuat kita gampang capek saat melakukan aktifitas esok harinya. Jadi, pergunakan waktu berharga kita sebaik-baiknya.

9.      Begadang Kala WeekEnd
Tips cara mengatasi tubuh badan cepat lelahMalam minggu atau weekend merupakan waktu berlibur buat kita. Sebaiknya gunakan waktu dengan baik. Seringkali kita begadang sampai pagi hanya untuk menonton film misalnya. Luangkan waktu untuk istirahat supaya badan dapat segar kembali saat hari sibuk menjelang.

Dengan mengetahui alasan dan penyebab yang membuat tubuh mudah cepat lelah diatas, maka tentunya kita menjadi sedikit lebih tahu bagaimana cara mencegah ataupun apa yang harus kita lakukan agar badan kita tidak gampang terasa capek dan lemas. Semoga bermanfaat.

Sumber :
tanggal 22 maret 2015

7 komentar: